Berdoa Penuh Keyakinan


Cirebon, suraupos.com
Waktu kaum bani Israel dilanda paceklik, sampai kekurangan air yang sangat panjang. Semua kaum pada kelaparan dan kekeringan akibat tidak ada air. Nabi Musa pun bermunajat kepada Allah untuk meminta pertolongan sebab semua kaum nabi musa tidak ada yang memiliki air.
Akhirnya, nabi Musa mengumumkan kepada kaumnya untuk segera melaksanakan shalat istiskho di atas gurun, dengan ruang terbuka tanpa penghalang ke langit, dengan harapan doa untuk meminta hujan cepat terkabullan. Dan nabi Musa pun menyampaikan kepada seluruh penduduk untuk memakai pakaian biasa, membawa hewan-hewan yang dimiliki untuk berdoa bersama di atas gurun.
Semua penduduk bani Israil berjalan dengan membawa hewan ke atas gurun untuk melaksanakan shalat istiskho. Shalat pun dilaksanakan oleh nabi Musa, beserta khutbahnya. Selesai shalat nabi Musa berdoa meminta hujan kepada Allah. Namun, air hujan pun tak kunjung turun. semuanya pada pulang dan akan melaksanakan shalat istiskho lagi. Pelaksanaan sholat istoskho ini sampai tiga kali.
Ketiga kalinya, shalat istiskho dilaksanakan dan semua penduduk, hewan yang ada di gurun untuk meminta air hujan. Semua berdo’a dan akhirnya air hujan pun turun membasahi tanah gurun. Semua kaum bergembira atas turunnya hujan. Ketika itu nabi Musa ditegur Allah “ya musa aku mengkabulkan doa kaummu yang meminta air hujan. Ia ada kekasihku wahai musa,carilah”
Nabi Musa mencarai sosok wali diantara kaumnya, akhirnya nabi Musa menemukan seseorang dengan baju dan rambut acak-acakan sedikit terkubur oleh gurun pasir. Dan nabi musa menegur orang itu sebagai kekasih Allah.
Orang itu menangis, sebab kewaliannya sudah ada yang mengetahui, dan oramg itu meminta kepada Allah untuk mengangkat ruhnya, seketika seorang wali itu meninggal dunia.
Hikmanya: berdoalah dan berusalah semaksimal mungkin. Dan mintalah doa pada siapa saja, wali, kiai, orang tua, orang biasa dll. Jangn pernah berhenti berdoa sebab Allah tidak pilah pilih doa siapa yang akan dikabulkanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *